Terlanjur Imunisasi MR, MUI Ajak Umat Muslim Segera Bertobat

Ketua MUI Riau, Prof Nazir Karim.

EnamPuluh.com – Masyarakat Riau, khususnya yang muslim, diminta untuk tidak menggunakan vaksin measles rubella (MR) karena haram. Bagi yang sudah terlanjur, diminta untuk segera bertobat.

“Kalau yang sudah terlanjur, ya minta ampun saja kepada Allah. Itu karena ketidaktahuan. Kesalahannya bukan berada di umat. Kesalahannya ada pada yang memberikan vaksin. Kalau sama-sama tidak tahu, ya sama-sama minta ampun saja kita,” kata Ketua MUI Riau, Prof Nazir Karim, Senin (20/8/2018).

Namun setelah adanya fatwa haram ini kata Nazir, dia meminta pemerintah daerah untuk mengikutinya. “Hari ini kita sampaikan ke pemerintah provinsi, supaya pemerintah mengikuti fatwa MUI tahun 2016. Di mana, vaksin itu harus berlabel halal,” ujar dia.

Dia pun mengimbau kepada masyarakat Riau untuk tidak menggunakan vaksin yang nyata-nyata mengandung zat haram. “Kita imbau masyarakat muslim untuk tidak menggunakan vaksin ini,” ujar dia.

Diketahui, vaksin ini diadakan oleh Kementerian Kesehatan RI, yang diproduksi oleh Serum Institute of India (SII). Pendistribusian di Indonesia dikakukan oleh Biofarma.(jar)

Related posts

Vaksin MR Haram karena Mengandung Babi dan Sel Manusia

Redaktur

Akhiri Jabatan sebagai Kapolda, Ini Pesan Irjen Nandang

Redaktur

Daftar Penerimaan CPNS 2018

andri